TIPS Cara Lolos Tes Pantukhir AAU | Akademi Angkatan Udara

Pantukhir adalah akronim dari pemantauan akhir, karena itu pelaksanaan Pantukhir selalu pada akhir rangkaian Tes, ada dua kali Pantukhir yaitu pantukhirda dilakukan oleh panitia daerah dan Pantukhirpus dilakukan oleh panitia Pusat.

 

Tes Pantukhir AAU merupakan tahapan Tes penghabisan artinya tidak ada lagi tahapan Tes setelah Pantukhir. calon Taruna Akademi Angkatan Udara yang sudah sampai babak Pantukhir dapat dikatakan sudah dekat dengan kelulusan ibarat bermain bola calon itu sudah berhasil menggiring bola sampai di depan gawang.

Ada yang mengatakan bahwa semua calon yang masuk babak Pantukhir sebenarnya calon yang sudah memenuhi persyaratan atau sudah lulus berbagai Tes. tetap jumlah calon yang memenuhi persyaratan itu lebih banyak daripada Jatah yang diterima. karena itu sebagian harus disisihkan meskipun sudah memenuhi syarat. 

Nah, Tes Pantukhir AAU itu bertujuan untuk memilih yang benar-benar memenuhi syarat sekaligus untuk menyisihkan sebagian calon agar yang tersisa sesuai dengan kuota dan jatah.

 

Dalam pelaksanaan Tes Pantukhir AAU calon diperiksa postur atau bentuk fisiknya hanya memakai pakaian dalam dan kesesuaiannya dengan data tertulis hasil Tes administrasi, kesamaptaan jasmani, kesehatan, dan psikologi, serta mental ideologi. selain diamati calon juga diperintahkan melakukan sesuatu dan ditanya atau diwawancarai, karena itu sebaiknya selalu memperhatikan saran berikut Agar lolo Tes Pantukhir AAU  :

 

  1. Sebelum berangkat, calon harus mandi, membersihkan mata, hidung, gigi, dan lain-lain. sampai benar-benar bersih, jika ada memakai sedikit parfum, agar tidak bau jika berkeringat, pakailah celana dalam baru yang belum pernah dipakai.

  2. Belajar PBB (Peraturan Baris-Berbaris) terutama sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, dan lain-lain.

  3. Berlatihlah di depan kaca besar, supaya kelihatan bagian tubuh yang miring, bahu yang tidak rata, dan biasakan Sikap berdiri yang benar dengan postur lurus.

  4. Pelajari cara pandang mata yang mendatar dan tajam.

  5. Pelajari sikap suara yang keras dan tegas.

  6. Buat catatan dan hafalkan nama, tanggal lahir, tempat lahir, tempat tinggal Anda, kemudian Pekerjaan ayah ibu, kakek nenek, dan saudara.

  7. Persiapkan segala sesuatu sebelum berangkat Jangan sampai ada yang ketinggalan.

  8. Periksa kerapihan rambut dan kuku.

  9. Berusaha tenang, Jangan cemas, dan tegang. Berdoalah untuk membantu menenangkan diri.

  10. Buatlah diri anda merasa nyaman selama melaksanakan Pantukhir, tetapi jangan terlalu santai seperti berada di rumah sendiri.

  11. Buat kesan yang baik saat diwawancarai.

  12. Jika ditanya apa saja, segeralah menjawab dengan jelas dan secukupnya dengan suara yang lantang dan pandangan mata fokus ke arah mata penanya, (Jangan memandang ke arah lain).

  13. Tetaplah bersemangat berpikiran positif tetapi jangan berlebihan.

  14. Jika ditanya, Sebutkan cita-cita anda dengan spesifik, dan jelas jangan terlalu idealis nanti dianggap pembohong.

  15. Jika ditanya, Jelaskan alasan Anda masuk TNI secara positif!.

 

Masih kurang puas membaca artikel ini, kami bisa membantu anda dalam tes TNI / POLRI nanti.

kami menyediakan BUKU 99,99% LOLOS SELEKSI TES MASUK TNI & POLRI LENGKAP.

Kunjungi Toko kami di Bukalapak

 

Demikian Artikel tentang TIPS Cara Lolos Tes Panthukhir AAU | Akademi Angkatan Udara ini, Semoga Lolos dan Sukses Tes Pantukhir Akademi Angkatan Udara nya. Semoga Bermanfaat. jangan lupa share ke teman-teman kamu. Terima Kasih

 

Sumber : "Supertrik Lolos Tes TNI POLRI" (Asul Wiyanto)



Artikel Terkait